Daftar Isi
Halaman
Judul................................................................................................................... I
Lembar
Pengesahan.......................................................................................................... II
Kata
Pengantar..................................................................................................................
III
Daftar
Isi............................................................................................................................
IV
Bab
I Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang...............................................................................................
1
1.2 Pembatasan
Masalah......................................................................................
1
1.3 Tujuan
Penelitian...........................................................................................
1
1.4 Manfaat
Penelitian.........................................................................................
1
Bab II
Tinjauan Pustaka
2.1 Landasan Teori .............................................................................................. 2
Bab III
Metode Penelitian
3.1 Tempat dan Waktu Pelaksanaan.................................................................
4
3.2 Alat dan Bahan Penelitian...........................................................................
4
3.3
Metode........................................................................................................
4
3.3.1
Populasi.................................................................................................
4
3.3.2 Metode
Survei.......................................................................................
4
3.3.3 Teknik
Wawancara............................................................................... 4
3.4 Pengumpulan
Data......................................................................................
5
3.5 Pengolahan
Data.......................................................................................... 5
Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
4.1
Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kegiatan Belajar..........................
6
4.2 Hubungan antara gadget dan
Perilaku Konsumtif Siswa............................. 6
4.3 Faktor
Penyebab Tingginya Antusias Siswa Dalam Penggunaan Gadget.... 6
4.4 Dampak Positif Penggunaan Gadget............................................................
6
4.5 Dampak Negatif Penggunaan Gadget .........................................................
6
Bab V Penutup
5.1 Kesimpulan................................................................................................
7
5.2 Saran..........................................................................................................
7
Daftar Pustaka..............................................................................................................
8
Lampiran
..................................................................................................................... 9
BAB
I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Sekarang ini gadget adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari
kehidupan remaja, tidak terkecuali murid XI.IPA. Intensitas penggunaan
smartphone pun turut mempengaruhi proses siswa dalam belajar serta menurun nya nilai
siswa disekolah. Tak dapat dipungkiri gadget adalah suatu invasi teknologi yang
sangat berguna bagi kehidupan namun akhir-akhir ini gadget dianggap sebagai
salah satu penyebab malasnya siswa dalam belajar serta menurunnya kreativitas
siswa.
Oleh
karena itu, kita seharusnya memanfaatkan gadget sesuai keperluan serta disiplin
dalam penggunaan waktu saat bermain gadget. Karena smartphone akan lebih
berguna apabila kita gunakan dengan bijaksana.
Dari permasalahan tersebut, maka saya memilih topik “Kecenderungan
Siswa Kelas XI.IPA SMA IMMANUEL Bandar Lampung Dalam Penggunaan Gadget” untuk
menyusun karya tulis ini.
1.2 Pembatasan Masalah
1. Keterbatasan
waktu penelitian
2. Keterbatasan
sumber penelitian
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian yaitu:
1) Untuk
mengetahui intensitas penggunaan gadget siswa kelas XI.IPA SMA IMMANUEL.
2) Untuk mengetahui motif utama penggunaan
gadget para siswa .
3) Unuk
mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap kegiatan belajar siswa.
1.4
Manfaat
Penelitian
Penelitian ini dapat membuka wawasan
penulis dan pembaca tentang pengaruhpenggunaan gadget di sekolah terhadap
kegiatan belajar siswa.
1
BAB
II
Tinjauan
Pustaka
2.1 Landasan Teori
1. Definisi Gadget
Gadget adalah suatu istilah
yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau
instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang
umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru.
Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game konsole, dan lainnya. 1)
Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game konsole, dan lainnya. 1)
2. Definisi Teknologi
Teknologi adalah
keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi
kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Penggunaan
teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi
alat-alat sederhana.
Perkembangan
teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet
telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia
untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua
teknologi digunakan untuk tujuan damai, pengembangan senjata penghancur yang
semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, dari pentungan sampai
senjata nuklir. 2)
3. Definisi Siswa
sis.wa ; murid (terutama pd tingkat
sekolah dasar dan menengah); pelajar. 3)
4. Definisi Cenderung
ke·cen·de·rung·an n
kecondongan (hati); kesudian; keinginan 4)
5. Cara Memanfaatkan Gadget dengan Lebih
Bertanggungjawab
Survei
membuktikan 9 dari 10 remaja mengaku lebih memilih menghabiskan waktu luangnya
dengan gadget kesayangan dibandingkan exercise
bareng teman atau shopping bersama
keluarga.
Hal tersebut menunjukan bagaimana remaja seolah
kecanduan terhadap gadget.
Berikut adalah beberapa langkah agar remaja aman dari
terpaan dampak negatif gadget :
-
Coba sisihkan waktu sehari minimal dua jam untuk berjauhan
dari segala gadget.
-
Gantikan aktifitas di gadget dengan aktifitas di
kehidupan nyata, seperti olahraga,dll.
-
“Puasa" social media beberapa jam (tidak membuka
semua social media yang kita miliki)
6. Hubungan Gadget dengan Social Media
Menurut Survei
melalui beberapa situs, tidak sedikit pengguna gadget khususnya smartphone
mengakui bahwa social media adalah andalan mereka dan menjadi penyebab utama
mereka dalam membeli gadget (smartphone). Berikut adalah beberapa social media
yang di prediksi akan ngetren tahun 2014, Twitter, Instagram, Google+, Youtube,
Mobli, Vine, Medium, Impossible, Shots of me. 6)
2
7. Fitur Gadget yang Merusak Lingkungan
Gadget tidak dapat dipisahkan dari yang namanya
jaringan internet wireless (nir kabel) atau yang kerap disebut Wi-Fi. Menurut
penelitian yang dikutip dari Pop Science Wi-Fi selain mengganggu kesehatan
manusia, juga merusak tumbuhan,dimana tumbuhan menjadi layu lalu mati.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan dari
Wageningen University (Belanda) menemukan bahwa tanaman yang berada di area
sekitar Wi-Fi mengalami gejala aneh yang tidak berhubungan dengan virus atau
bakteri tertentu. Terjadi perubahan warna, retakan pada kulit pohon, rontoknya
bagian daun dan pertumbuhannya tidak normal. 5)
1.) http://infogadgetku.blogspot.com/2012/05/pengertian-gadget-dan-fungsi-gadget.html
2.) http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
3.) http://kamusbahasaindonesia.org/siswa/mirip#ixzz2y3tVEkbw
4.) http://kbbi.web.id/cenderung
5.) Girlfriend Magazine.
Edisi Oktober 2012.
6.) Kawanku Magazine. Edisi 168 Januari 2014. Jakarta : Kompas
Gramedia
7.) Magz, Trinzi. 2011. “Free
WiFi Bikin Tanaman Layu?” Jakarta :
Trimedia.
3
3.4
Pengumpulan Data
Pengumpulan
data dilakukan setelah lokasi penelitian ditetapkan, hasil wawancara dicatat.
Data informasi yang dicatat adalah berbagai pendapat dan jawaban siswa sesuai
dengan pertanyaan yang penulis ajukan.
3.5
Pengolahan Data
Data
yang telah terkumpul disusun lalu dicantumkan nama siswa yang memberikan
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang penulis ajukan.
5
BAB V
Penutup
5.1 Kesimpulan
Ditengah era globalisasi dan era modern ini, siswa sekolah tidak jarang memiliki gadget lebih dari satu. Mereka sering kali lalai dalam tanggung jawab sebagai pelajar, mereka cenderung bermain gadget hingga lupa waktu dan tidak belajar. Gadget sedikit banyak turun ambil adiil dalam menurunnya prestasi belajar siswa.
Ditengah era globalisasi dan era modern ini, siswa sekolah tidak jarang memiliki gadget lebih dari satu. Mereka sering kali lalai dalam tanggung jawab sebagai pelajar, mereka cenderung bermain gadget hingga lupa waktu dan tidak belajar. Gadget sedikit banyak turun ambil adiil dalam menurunnya prestasi belajar siswa.
5.2 Saran
Karena teknologi merupakan suatu bagian yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, oleh sebab itu sebagai manusia yang cerdas dan aktif sudah sepantasnya kita untuk bertanggungjawab dalam penggunaan teknologi tersebut. Sebagai siswa kita harus mengetahui batasan dalam penggunaan gadget. Jangan memakskan diri untuk memiliki gadget dan tetaplah menjaga komunikasi secara langsung atau face to face. Sudah selayaknya para orangtua juga ikut mengawasi dan membimbing anak dalam menghadapi perubahan zaman.
Karena teknologi merupakan suatu bagian yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, oleh sebab itu sebagai manusia yang cerdas dan aktif sudah sepantasnya kita untuk bertanggungjawab dalam penggunaan teknologi tersebut. Sebagai siswa kita harus mengetahui batasan dalam penggunaan gadget. Jangan memakskan diri untuk memiliki gadget dan tetaplah menjaga komunikasi secara langsung atau face to face. Sudah selayaknya para orangtua juga ikut mengawasi dan membimbing anak dalam menghadapi perubahan zaman.
7
hasil dan pembahasannya bagaimana
BalasHapus